Sejarah BEM UAD

Pemerintahan Mahasiswa (Student Government) dalam suatu perguruan tinggi menjadi sebuah kewajiban untuk berdiri berada di tengah-tengah kehidupan yang bernama kampus. Mahasiswa sebagai entitas kaum intelektual yang memiliki pandangan maju kedepan berusaha menjadikan Perguruan Tinggi sebgai miniatur negara, dengan berbagai kelengkapan sistemiknya, mulai dari lembaga Eksekutif disebut dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas yang dipimpin oleh Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, yang nantinya akan bertugas menjalankan roda pemerintahan mahasiswa di lingkungan kampus, juga terdapat lembaga Legislatif yang disebut Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas. Sebagaimana namanya dua elemen tersebut dibentuk melalui proses pemilihan umum layaknya PEMILU sebenarnya, dengan sebutan Pemilihan Umum Mahasiswa (PEMILWA).

Kekuasaan tertinggi Pemerintahan Mahasiswa di kampus UAD berada di tangan Presiden Mahasiswa yang dibantu oleh wakil presiden serta kabinet yang dibentuknya. Maka, secara hirearki setiap keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh presiden akan mengikat sampai dengan jajaran program studi. Maka, untuk itu perlunya pengawasan dari segala pihak agar dapat mengontrol setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden Mahasiswa.

Awalnya, Pemerintahan Mahasiswa di UAD ini hanya ada SENAT Mahasiswa yang memiliki dwifungsi, sebagai Legislatif dan Eksekutif. Tetapi, pada tahun 1999-2000 perubahan dalam tatanan Pemerintahan Mahasiswa di UAD pun berubah. Dan pada tahun itu pula pertama kali Presiden Mahasiswa ada di UAD. Kemudian, waktu terus berjalan dan Kepemimpinan dalam Pemerintahan Mahasiswa pun mengalami perubahan-perubahan. Ide untuk meminiaturkan UAD layaknya sebuah Negarapun semakin matang, walhasil ketika mencalonkan presiden dan wakil presiden mahasiswa dan anggota DPM pun harus melalui partai mahasiswa. Akhirnya, pada hari Senin 05 April 2010 di Hall Lantai I Kampus I UAD, jam 23.49 WIB terpilihlah sdr. Surya Dharma Sufi (mahasiswa Ekonomi) sebagai Presiden dan Rhama Fernandes Effendi (mahasiswa Farmasi) sebagai Wakil Presiden mahasiswa UAD periode yang baru.

Sekretariat BEM UAD: Jalan. Kapas No. 09 (Kampus I UAD), CP: 085724170011 (MensesNeg). Pada periode ini BEM UAD tergabung dalam beberapa aliansi dan perkumpulan antar BEM baik Lokal maupun Nasional, diantaranya: ABJ (Alinasi Badan Eksekutif Mahasiswa se-Jogja), BEM PTM I (Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia), BEMNAS (Badan Eksekutif Mahasiswa Nasional). Alamat Web : bemuad.wordpress.com. FB : Bemuad_2010@yahoo.co.id. Dan nama kabinet BEM UAD pada periode ini “Kabinet Lentera Intelektual”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 10,795 hits
%d blogger menyukai ini: