Pemerintah Jual Tiga BUMN Tahun Ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan melepas kepemilikan saham atau divestasi pada tiga perusahaan milik negara yaitu PT Primissima, PT Kertas Padalarang, dan PT Sarana Jaya. “Tiga perusahaan tersebut masuk dalam daftar privatisasi BUMN
 pada 2010,” kata Asisten II Deputi Privatisasi dan Restrukturisasi BUMN Dwijanti Tjahyaningsih di sela-sela paparan Non-Deal Roadshow BUMN II di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/8). 

Menurut Yanti, rencana penjualan saham ke tiga BUMN tersebut sudah mendapat persetujuan Menteri Keuangan dan sedang diusulkan kepada DPR. Ia menuturkan, pola divestasi yang akan ditempuh melalui tiga opsi, yaitu ditawarkan kepada pemegang saham lama (existing), strategic sale ataupun kombinasi “existing” dan “strategic sale”. 

Ia menjelaskan, saham pemerintah di Primissima sebesar 52,79 persen, selebihnya 47,21 persen saham GKBI Invesment. Perusahaan yang berlokasi di Yogyakarta itu bergerak di bidang produksi tekstil, dan distribusi produk tekstil. Pada Kertas Padalarang, pemerintah menguasai 48,44 persen saham, dan Kertas Kraft Aceh (KKA), dan salah satu anak perusahaan Bank Mandiri. Sedangkan Sarana Karya seluruh saham dikuasai pemerintah.

Yanti menambahkan, dua perusahaan sudah menyatakan minat untuk mengambilalih Primissima dan Palarang, sedangkan Sarana karya akan diakuisisi BUMN sektor konstruksi. Menteri BUMN Mustafa Abubakar menjelaskan, ketiga perusahaan tersebut merupakan bagian dari 10-15 BUMN yang masuk dalam daftar privatisasi 2010.

Menurut Mustafa, perusahaan lainnya adalah BNI dan Bank Mandiri (rights issue), Garuda Indonesia dan Krakatau Steel. Tiga perusahaan lainnya, yaitu PTPN III, IV, dan VII dipastikan tidak terealisasi pada 2010 karena harus terlebih dahulu membentuk “holding” perkebunan. “Kita akan membentuk holding dulu, baru kemudian melepas saham kepada publik (IPO),” kata Mustafa. (Ant/DOR)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/08/03/25060/Pemerintah-Jual-Tiga-BUMN-Tahun-Ini/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 10,795 hits
%d blogger menyukai ini: